Passionstory Herobanner pribadi
Passion story

Traveling bisa membuat pribadimu menjadi lebih baik, apa aja sih faktor penyebabnya?

1 Maret 2021

Oleh FWD Insurance


Siapa nih yang selalu memiliki agenda wajib untuk traveling di kala liburan tiba? Traveling emang udah jadi trend yang wajib dilakukan saat liburan. Dengan melakukan traveling, kamu bisa bersenang-senang dan melupakan sejenak rutinitas di kantor. Kamu bisa datang ke berbagai tempat populer, menjelajahi daerah-daerah baru, berwisata sejarah, atau menikmati aneka ragam kuliner. Traveling memang selalu jadi perjalanan yang menyenangkan.

Ternyata selain ampuh untuk menghilangkan rasa suntuk dan penat, traveling bisa membuat pribadimu menjadi lebih baik, lho! Saat melakukan kegiatan traveling, kamu akan pergi jauh dan dituntut untuk bisa beradaptasi dalam berbagai situasi. Masih nggak percaya kalau pribadimu bisa jadi lebih baik dengan traveling? Berikut faktor yang bisa jadi penyebab traveling akan membuat pribadimu jadi lebih baik!


Melatih kemandirian dan mengenali diri serta orang lain lebih dalam
Tidak peduli melakukannya sendirian atau bersama-sama, traveling selalu membawa cerita tersendiri. Rencana yang sudah dibuat sejak berbulan-bulan yang lalu pun bisa jadi nggak sesuai. Kamu akan menemui beberapa hambatan dalam traveling. Contohnya saat berkunjung ke daerah baru yang asing dan terpencil, kamu bisa saja kehilangan arah karena GPS tidak memberikan data yang akurat. Hambatan lain seperti lupa membawa uang cukup di dompet pun bisa menjadi masalah bila daerah yang kamu kunjungi tidak memiliki mesin ATM. Dalam situasi seperti ini, kamu dituntut untuk menjadi mandiri. Kamu harus memutar otak untuk bisa bertahan dalam situasi tersebut. Kamu bisa lebih behati-hati pada trip selanjutnya.

Traveling juga bisa membuatmu mengenali diri sendiri. Kamu bisa merefleksikan dari berbagai kejadian unik yang terjadi saat traveling. Traveling akan membuat kamu dan orang-orang di sekitarmu memperlihatkan sisi aslinya. Selama ini kamu merasa selalu menjadi orang yang siap siaga dan terencana, ternyata saat traveling, kamu sering meninggalkan barang-barang penting dan membuat susah teman perjalananmu. Kamu akan bisa mengenali apa yang kamu suka, tidak suka, teman yang cocok denganmu dan tidak cocok melalui perjalanan traveling, lho!


Melakukan sosialisasi dengan banyak orang
Di kehidupan sehari-hari, kamu pasti sering canggung untuk berbicara dengan orang asing? Bahkan, kalau pun kenal dengan orangnya, terkadang kamu memilih tidak mengobrol lebih jauh karena takut mengganggu. Saat traveling, kamu akan memiliki kesempatan lebih besar untuk bersosialisasi dengan banyak orang. Kamu tidak akan bisa bertahan sendirian tanpa bersosialisasi saat melakukan perjalanan traveling.

Traveling juga ampuh untuk melatih komunikasi bagi kamu yang pemalu. Kamu tidak akan terlihat aneh saat menanyakan arah atau meminta rekomendasi hotel dan restoran. Sebagai turis, tentunya kamu akan disambut dengan lebih ramah. Setelah bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang, kamu akan menghargai orang lain dan tidak melihat seseorang hanya dari tampilan luarnya saja.


Tampil lebih percaya diri
Traveling membuatmu lebih percaya diri dengan kemampuanmu. Jika kamu sudah berhasil menaklukkan sebuah daerah, maka kamu akan lebih siap dengan kejutan yang diberikan oleh hidup. Perjalananmu mengunjungi daerah asing tidak akan selalu mendatangkan pengalaman menyenangkan. Seringkali kamu akan bertemu dengan penduduk asli yang kesulitan berkomunikasi karena hanya mengerti bahasa lokal, dan tidak ramah pada turis. Kamu harus memutar otak untuk bisa berkomunikasi dengan mereka. Jika tidak, bisa dijamin kemungkinan besar kamu akan tersesat dan mendapat kesulitan sepanjang perjalanan.

Pengalaman pertama traveling memang seringkali tidak berjalan mulus dan menegangkan. Perjalanan selanjutnya tentu saja tidak selalu berjalan mulus pula, tetapi setelah melalui perjalanan sebelumnya, kamu akan memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi dan siap menghadapi apa pun yang ada di depan. Seru bukan, pengalaman yang bisa didapatkan selama traveling?

 
Mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru
Ada sebuah pepatah yang mengatakan, bila kamu tinggal di Jawa, maka bersikaplah seperti orang Jawa. Meskipun kamu adalah seseorang yang dibesarkan di luar negeri dan terbiasa berbicara secara frontal, saat berada di Jawa, kamu akan mengikuti tata cara penduduk bersikap dan menjalani hidup. Dalam traveling, kamu akan menemui banyak lingkungan baru yang berbeda dengan rumah tempatmu dibesarkan. Kamu harus bisa menyesuaikan diri dengan baik dengan membaur bersama penduduk lokal.

Bukan hanya beradaptasi dengan gaya bicara dan adat para penduduk, kamu juga harus bisa beradaptasi dengan lingkungan. Seperti cuaca dan iklim yang bisa jadi berbeda dari daerah asalmu. Selanjutnya kamu juga harus menyesuaikan diri dengan makanan penduduk lokal yang sesuai. Buat apa traveling kalau makannya tetap di restoran cepat saji.


Lebih hemat dan pandai mengatur keuangan
Tentunya kamu selalu membuat budget sebelum traveling. Atau kamu adalah tipe orang yang membawa semua uang yang kamu miliki, termasuk tabungan, untuk digunakan saat traveling? Kalau kamu berpikir, traveling tidak akan menghabiskan uangmu, tentunya kamu salah besar. Banyaknya ketidakpastian dan hal baru yang akan kamu temui membuatmu lebih mudah mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Jika kamu tidak memiliki budgeting, bisa saja kamu kehabisan sangu sebelum pulang.

Budgeting yang kamu buat saat traveling harus sefleksibel mungkin, namun tidak merugikan. Kamu harus tetap mengikuti jumlah uang di awal yang sudah kamu rencanakan agar tidak ada hal-hal buruk yang akan terjadi. Bila kamu kehabisan uang saat traveling, kamu tidak akan mendapat akomodasi yang baik, tidak bisa menikmati liburan, hingga tidak bisa membeli tiket pulang.

 


Saat traveling, kamu akan paham bagaimana mengontrol keinginan dan mengatur keuangan. Otakmu akan dipaksa berpikir kreatif untuk mengatur anggaran untuk akomodasi, transportasi, sampai kuliner agar uang yang kamu alokasikan bisa cukup tanpa harus membobol tabungan. Jika traveling membuatmu kehabisan uang, maka pengalamannya menjadi tidak lagi menyenangkan, bukan?


Bagikan