Latar Belakang

Sebagai lembaga keuangan terkemuka, PT FWD Life Indonesia (FWD Life) selalu mengutamakan keamanan. Pertumbuhan Internet yang pesat telah menawarkan fleksibilitas yang lebih besar bagi kita, tetapi di lain pihak juga menimbulkan risiko baru yang harus kita pantau dan waspadai. FWD Life menyediakan informasi berikut untuk mengatasi kekhawatiran Kamu sehubungan dengan keamanan penggunaan dalam jaringan.

FWD Life mengerahkan segala usaha untuk mengamankan data dan semua transaksi Kamu. Namun, beberapa risiko penggunaan dalam jaringan tetap ada, dan Kamu dapat mengambil beberapa langkah untuk mencegah hal itu terjadi dan melindungi diri Kamu. Di bawah ini tersedia beberapa informasi untuk membantu melindungi diri Kamu.

  • Isu Keamanan Terkini
  • Praktek Pelaksanaan Baku
  • Memastikan Kebenaran Situs
  • Melindungi Diri Sendiri
  • Info Kontak

Isu Keamanan Terkini

Kami akan menyajikan informasi terkini tentang masalah-masalah keamanan yang perlu Kamu perhatikan.

Phishing

Phishing adalah teknik penipuan yang dilakukan dalam jaringan (online), berupa tindakan untuk mendapatkan informasi seperti nama pengguna, kata sandi, dan rincian kartu kredit (dan kadang-kadang uang, secara tidak langsung) dengan menyamar sebagai entitas terpercaya dalam suatu komunikasi elektronik, seperti; mengirim pesan atau surel yang tampak resmi dengan alamat pengiriman kembali, tautan dan merek, yang seluruhnya terlihat seakan berasal dari bank, perusahaan asuransi, pengecer, perusahaan kartu kredit yang sesungguhnya. Surel tersebut berisi pranala ke situs palsu dan menyesatkan pemegang rekening untuk memasukkan informasi, seperti; nama pelanggan dan rincian keamanan dengan himbauan palsu bahwa rincian keamanan harus diperbarui atau diubah. Setelah informasi pribadi Kamu terkirim, informasi tersebut dapat digunakan untuk mengambil uang Kamu dari situs yang sebenarnya. Penting bahwa Kamu senantiasa waspada terhadap setiap surel yang meminta informasi Kamu, pelajari lebih lanjut tentang "Praktek Pelaksanaan Baku" FWD Life pada bagian berikutnya.

Penipuan Pembayaran Uang Muka (Advance Fee Fraud)

Masalah lain yang mungkin pernah Kamu dengar adalah advance fee fraud, yaitu sebuah surel menawarkan sejumlah besar uang yang dikirim ke ribuan alamat surel, misalnya; memberitakan seseorang menang undian, sumbangan, hibah, dll, namun meminta imbalan - relatif tidak besar - yang digunakan untuk biaya pengurusan administratif dan hukum, pembukaan rekening atau bea cukai. Biasanya, Kamu diminta untuk membayar berbagai biaya itu di muka. Jangan menanggapi surel ini. Ini adalah bentuk penipuan dan Kamu tidak akan menerima uang yang dijanjikan.

Praktek Pelaksanaan Baku

  • FWD Life akan banyak berkomunikasi dengan nasabah menggunakan surel, sehingga sangat penting untuk waspada dalam membedakan surel yang berasal dari Perusahaan, atau yang palsu
  • FWD Life akan menyapa Kamu sesuai dengan nama di surel yang membutuhkan respon surel atau tindakan apapun dari Kamu melalui internet.
  • FWD Life tidak akan mengirimkan surel yang berisi pranala, yang secara langsung membawa Kamu ke suatu halaman situs dan mengharuskan Kamu memasukkan informasi keamanan Kamu.
  • FWD Life tidak akan mengirimkan surel yang meminta Kamu memperbarui, memverifikasi atau memastikan data keamanan Kamu, seperti; PIN, nomor rekening bank, nomor kartu identitas, atau nomor paspor.
  • Jika Kamu meragukan keaslian sebuah surel yang Kamu terima yang mengaku berasal dari FWD Life, silakan segera hubungi FWD Life dengan mengacu ke bagian "Info Kontak" yang ada pada dokumen ini.

Memastikan Kebenaran Situs

Setiap kali Kamu mengunjungi sebuah situs, Kamu harus memperhatikan sebaik-baiknya URL (alamat situs) dari situs yang Kamu kunjungi untuk memastikan itu adalah situs yang sebenarnya Kamu ingin kunjungi, dan benar-benar milik FWD Life.
Kamu juga harus memeriksa bahwa situs yang akan Kamu pakai untuk mengakses Kamu informasi akun atau melakukan transaksi adalah situs yang terjamin keamanannya.

URL situs harus diawali dengan https://.

Jika URL diawali dengan https://, ikon gembok aman, yaitu gambar gembok kecil berwarna hijau, akan terlihat pada kolom status peramban. Gembok tersebut menkamukan bahwa data dikirimkan ke dan dari situs dengan enkripsi. Klik dua kali ikon gembok tersebut untuk melihat rincian sertifikat keamanan yang memberi informasi tentang pemilik situs. Silakan periksa apakah rincian dan keabsahannya benar, dan pastikan bahwa URL pada sertifikat tersebut sama persis dengan URL situs yang sedang Kamu kunjungi.

Jika Kamu ragu dengan suatu situs, Kamu harus menghubungi FWD Life segera, untuk memastikannya.

Melindungi Diri Sendiri

Lindungi informasi pribadi Anda

Akun Kamu/nomor nasabah, nomor polis, PIN, tanggal khusus dan nomor identifikasi nasabah adalah kunci untuk mengakses akun pribadi Kamu. Jangan pernah menuliskannya, memberikan data tersebut pada orang lain, atau memasukkannya dalam sebuah surel. Ingatlah bahwa melindungi Nomor Nasabah, PIN dan rincian keamanan adalah tanggung jawab Kamu.

Lindungi piranti komputer Anda

  • Perbarui kinerja komputer Kamu dengan memasang piranti lunak terkini, untuk mencegah peretas atau virus yang memanfaatkan kelemahan komputer Kamu.
  • Pasang dan perbarui perlindungan anti-virus, untuk menghindari kerusakan data komputer akibat virus dan mencegah peretas menyusupkan virus-virus Trojan ke dalam computer Kamu.
  • Pasang dan perbarui piranti anti-spyware (spyware: aplikasi yang terinstall di komputer dengan/tanpa sepengetahuan pemilik, bertujuan menginformasikan kondisi di dalam komputer tersebut kepada pihak-pihak tertentu, ketika komputer terhubung ke jaringan internet).
  • Pasang dan perbarui firewall (firewall: piranti lunak penyaring data)
  • Hanya gunakan progam/piranti lunak dari pemasok terpercaya
  • Gunakan kata sandi untuk mencegah komputer Kamu diakses tanpa sepengetahuan Kamu
  • Matikan piranti lunak surel internet yang secara otomatis bisa memroses lampiran surel.
  • Selalu lakukan pemindaian data dengan piranti lunak anti-virus sebelum mengunduhnya.
  • Hindari menggunakan program-program yang secara otomatis bisa mendapatkan atau melihat isi file. 


Surel Spam

  • Gunakan penyaring spam untuk menghindari munculnya pesan-pesan yang aneh.
  • Hindari membalas pesan spam, karena jika membalas, alamat surel Kamu akan tercatat dan spam akan meningkat.
  • Saat membaca pesan spam, ingatlah; sesuatu yang sepertinya terlalu baik untuk terjadi, mungkin memang terlalu baik untuk terjadi.

Pilih Kata Sandi yang Aman

  • Sebuah kata sandi yang aman seharusnya mudah untuk Kamu ingat, tetapi sulit untuk ditebak oleh orang lain. Jangan menggunakan kata-kata yang biasa, tanggal lahir, nama anak-anak, atau hewan peliharaan, karena mudah ditebak oleh orang lain.
  • Sebuah kata sandi yang baik setidaknya terdiri atas 8 karakter, agar sulit untuk ditebak oleh orang lain. Disarankan agar menggunakan berbagai jenis karakter pada kata sandi, sehingga semakin sulit ditebak, misalnya; menggunakan angka, huruf kapital, dan karakter khusus seperti ~!@#$%^& dan *.
  • Disarankan untuk menggunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap kebutuhan dan jangan mengulangi penggunaan kata sandi yang sama.
  • Untuk tujuan keamanan, silakan ubah kata kunci awal saat mengakses pertama kali. Kami juga menyarankan agar Kamu mengubah kata sandi secara teratur.

Jaga Keamanan Saat Anda Terhubung Dalam Jaringan

  • Jaga keamanan saat Kamu terhubung dalam jaringan. Harap berhati-hati ketika mengakses informasi akun Kamu atau melakukan transaksi penting dengan komputer umum; pastikan Kamu menggunakan komputer dari penyedia jasa komputer terpercaya - jika PC tidak diamankan dengan baik, perangkat keras dan piranti lunak dapat dimodifikasi untuk menangkap keystrokes (data yang diketik) dan data lain yang bisa mengungkapkan informasi pribadi Kamu; terlepas dari keamanan yang disediakan oleh situs yang Kamu akses.
  • Jangan membuka peramban lain dan mengakses situs lain, secara bersamaan ketika Kamu sedang mengakses informasi akun atau melakukan transaksi penting melalui jejaring internet.
  • Pastikan papan ketik komputer Kamu terlindung, dan jangan biarkan orang lain melihatnya ketika Kamu sedang mengetikkan kata sandi, atau mengakses informasi pribadi Kamu, terutama saat Kamu mengakses dari jaringan internet umum.
  • Jangan mengaktifkan fungsi "Ingat Kata Sandi (remember your password)" atau "auto complete" yang disajikan oleh peramban. Hal ini mengalahkan keamanan kata sandi.
  • Jangan lupa untuk melakukan catat keluar (log off) dan menutup peramban setiap kali selesai sesi mengakses bagian berisi informasi penting (seperti akses informasi akun Kamu). Ingatlah untuk membersihkan file cache (aplikasi pengingat) pada peramban sehingga informasi pribadi Kamu tidak tersimpan pada komputer, terlebih jika Kamu menggunakan layanan akses internet umum.

Info Kontak

Untuk pertanyaan, atau pelaporan dugaan kasus phishing yang terkait dengan FWD Life, silahkan email ke ITServicedesk.id@fwd.com atau hubungi Customer Care kami di (+62) 1 500 391