Polis

  • Bisakah saya mengganti tertanggung dalam Polis saya dengan orang lain? Jika bisa bagaimana caranya?
  • Tidak bisa.

  • Apakah saya dapat melakukan perubahan pada Polis saya?
  • Ya. Perubahan dapat diajukan oleh Pemegang Polis secara tertulis dan/atau secara elektronik selama Tertanggung hidup dengan mengisi Formulir Perubahan Polis Finansial dan/atau Non Finansial  yang telah disediakan dengan tetap mengikuti ketentuan yang berlaku.

    Nasabah bisa melakukan perubahan berikut ini dapat dilakukan secara elektronik:
    1. Alamat
    2. Pengalihan Dana Alokasi
    3. Perubahan Alokasi Nilai Investasi
  • Bisakah saya merubah pilihan jenis investasi yang sudah dipilih sebelumnya (switching)?
  • Ya. Nasabah dapat sewaktu-waktu merubah jenis investasi dan alokasi dana Investasi dengan mengisi Formulir Pengalihan Nilai Investasi dan Perubahan Alokasi Nilai Investasi. Perubahan akan berlaku efektif pada Tanggal Jatuh Tempo Premi berikutnya. Formulir dapat di unduh di portal nasabah FWD Life Indonesia atau dengan menghubungi FWD Life Indonesia hotline di nomor telepon 021 - 500391 setiap hari kerja (Senin s/d Jumat) pada jam 08:30 – 17:00 WIB. 
     
    Proses pengalihan dana (fund switching) atau perubahan alokasi nilai investasi (fund allocation) akan diproses jika formulir asli beserta dokumen lainnya yang disyaratkan telah diterima lengkap dan benar di kantor pusat kami, Gedung WTC 1 Lantai 11, Jl. Jend. Sudirman Kav. 29-31 Jakarta Selatan 12920. 
  • Bisakah saya mengganti Pemegang Polis dalam Polis saya dengan orang lain? Jika bisa bagaimana caranya?
  • Dapat dilakukan selama pemegang polis yang baru masih ada hubungan kepentingan asuransi (insurable interest) dengan Tertanggung, dan memenuhi ketentuan seleksi risiko.  
    Nasabah harus mengisi Formulir Perubahan Polis Non Finansial. Lampirkan fotokopi KTP dan dokumen pendukung lainnya (akte lahir, akte surat nikah, Kartu Keluarga), dan pernyataan kesehatan. 
  • Bagaimana cara untuk mengetahui harga unit fund saya?
  • Harga unit produk FWD Life Indonesia diterbitkan di media cetak harian Bisnis Indonesia dan Kontan pada bagian/section Bursa dan juga tercantum pada situs Nilai Tukar dan Harga Unit. Selain itu, Bapak/Ibu dapat menghubungi FWD Life Indonesia Customer Care di 021 – 500391 setiap hari kerja (Senin s/d Jumat) pada jam 08:00-17:00 WIB.
  • Saya menerima surat pemberitahuan bahwa status polis saya tidak aktif, apakah saya masih dapat mengaktifkan kembali?
  • Ya, maksimum 2 tahun sejak polis tidak aktif, dengan mengisi Formulir Pemulihan Polis (Reinstatement), membayarkan premi yang tertunggak dan bila hasil seleksi resiko memerlukan pemerikasaan medis, maka nasabah harus melakukan pemeriksaan medis di RS rekanan FWD Life Indonesia dengan biaya sendiri.
  • Apakah saya dapat menambahkan proteksi tambahan (rider) kesehatan ke dalam polis saya yang sudah ada?
  • Ya. Penambahan Manfaat Asuransi Tambahan (Rider) dapat dilakukan dengan mengisi Formulir Perubahan Polis Financial. Perubahan dapat dilakukan kapan saja, namun tanggal efektif perubahan adalah tanggal jatuh tempo berikutnya kecuali terdapat perubahan Tanggal Lahir. FWD Life Indonesia akan melakukan seleksi risiko ulang apabila terjadi penambahan pertanggungan (additional coverage) pada Polis.
  • Apabila saya mengajukan penutupan/penebusan Polis bagaimana prosedurnya ?
  • Dengan mengisi Formulir Penebusan Polis (Surrender) dan mengembalikan buku Polis asli (khusus untuk Polis non elektronik) dan Kartu Peserta Hospital & Surgical (jika ada). Formulir tersedia dan dapat diunduh di portal nasabah FWD Life Indonesia. 
     
    Proses penebusan polis adalah 5 hari kerja sejak semua dokumen persyaratan diterima lengkap di Kantor Pusat FWD Life Indonesia, Gedung WTC 1 Lantai 11, Jl. Jend. Sudirman Kav. 29-31 Jakarta Selatan 12920 sampai dana diterima di rekening Pemegang Polis.
  • Bagaimana jika polis saya menjadi tidak aktif? Apakah premi yang telah saya setorkan sebelumnya dapat kembali?
  • Premi yang sudah disetorkan sebelumnya tidak dapat ditarik kembali karena telah digunakan untuk perlindungan asuransi jiwa polis nasabah selama polis masih aktif dan tidak ada nilai investasi yang dapat diterima. Untuk polis yang sudah tidak aktif, maka premi tidak dapat dikembalikan.
  • Apakah ada laporan mengenai nilai investasi dari Polis saya?
  • FWD Life Indonesia akan menerbitkan Laporan Transaksi (Transaction Statement) pada setiap tanggal jatuh tempo frekuensi pembayaran premi. Laporan Transaksi akan memberikan informasi mengenai transaksi  yang dilakukan, misalnya pembayaran premi yang memiliki alokasi pembelian unit, penarikan dana (withdrawal), penebusan, penambahan dana (single top up), pengalihan dana investasi (fund switching).
  • Jika saya mengajukan pengalihan/penarikan dana investasi, apakah pernyataan transaksi menunggu laporan bulanan saat jatuh tempo?
  • Tidak, jika nasabah mengajukan pengalihan/penarikan dana investasi, maka pernyataan transaksi akan dikirimkan setelah pengajuan selesai diproses.
  • Bagaimana jika saya ingin mengubah alamat koresponden saya?
  • Perubahan alamat surat menyurat dapat dilakukan melalui Customer Portal secara langsung tanpa mengisi formulir dan menyerahkan dokumen pendukung ke Kantor Pusat FWD Life Indonesia. Nasabah dapat melakukan secara mandiri perubahan surat menyurat pada setiap hari kalender.  
     
    Perubahan alamat surat menyurat juga dapat dilakukan dengan cara mengisi Formulir Perubahan Polis Non-Financial disertai dengan dokumen pendukung lainnya. Perubahan dengan cara ini dapat dilakukan pada setiap hari kerja pukul 08.00 – 14.00 (cut off).  Khusus untuk perubahan no. HP harus mengisi Formulir Perubahan Polis Non-Financial dan tidak bisa dilakukan melalui Customer Portal.

Klaim

  • Berapa lama proses pengajuan klaim reimbursement untuk Hospital Cash dan Hospital Surgical?

  • Sejak dokumen klaim yang dibutuhkan telah diterima dengan lengkap, proses klaim sampai dengan dana diterima di rekening nasabah yaitu dalam estimasi waktu 7-14 hari kerja.

  • Berapa lama batas kadaluarsa pengajuan klaim reimbursement untuk Hospital Cash dan Hospital Surgical?

  • Batas waktu pengajuan klaim reimbursement yaitu 30 hari kalender terhitung sejak tanggal selesainya dilakukan perawatan.

  • Berapa lama batas kadaluarsa pengajuan klaim reimbusement untuk Critical illness?

  • Batas waktu pengajuan klaim reimbursement yaitu 90 hari kalender terhitung sejak tanggal selesainya dilakukan perawatan.

  • Dokumen klaim apa saja yang dibutuhkan untuk proses pengajuan klaim reimbursement?

  • Dokumen klaim yang dibutuhkan untuk pengajuan klaim reimbursement yaitu formulir klaim, kwitansi tagihan asli, resep obat, hasil baca pemeriksaan laboratorium dan penunjang lainnya, surat keterangan dokter atau resume medis yang telah ditandatangani oleh dokter yang merawat. Untuk info lebih lanjut mengenai klaim bisa dilihat di sini.

  • Kemana saya harus mengirimkan dokumen pengajuan klaim reimbursement?

  • Pengajuan dokumen klaim reimbursement dapat dikirimkan ke kantor pusat FWD Life Indonesia di Jakarta:

    Departemen Klaim 
    FWD Life, World Trade Center 1 Lantai 11
    Jl Jend. Sudirman Kav. 29-31 Jakarta 12920

  • Untuk perlindungan tambahan kesehatan (FWD Hospital Cash) apakah seluruh biaya RS akan dibayarkan oleh FWD Life Indonesia?

  • FWD Hospital Cash adalah program asuransi yang memberikan manfaat berupa santunan tunai sebagai pengganti biaya perawatan selama nasabah menjalani rawat inap atau tindakan bedah di rumah sakit. Jadi manfaat yang dibayarkan adalah manfaat harian sesuai dengan lamanya hari perawatan (tidak melihat besarnya total biaya selama perawatan) dengan cacatan pengajuan klaim telah disetujui.  
     
    Contoh: Nasabah dengan FWD Hospital Cash unit. 1 Unit = Rp. 100,000.- dan maksimal unit yang bisa diambil adalah 20 unit per jiwa. 
     
    Contoh: jika nasabah mengambil 5 unit = Rp. 500,000.- menjalani rawat inap di ruang ICU/ non ICU dengan biaya total Rp. 700,000.-. maka FWD Life Indonesia akan mengganti sejumlah Rp. 500,000.-, jika nasabah menghabiskan biaya sejumlah Rp.300,000.- maka FWD Life Indonesia akan mengganti sejumlah Rp.300,000.-.

Pembayaran Premi

  • Frekuensi Pembayaran Premi Polis FWD?
  • Pembayaran premi polis FWD bisa dilakukan secara Bulanan, Triwulan (3 Bulanan), Semesteran (6 Bulanan) dan Tahunan. Kecuali untuk Bebas Rencana dan Bebas Aksi, hanya memiliki frekuensi pembayaran Bulanan dan Tahunan.
  • Fasilitas Pembayaran Premi Polis FWD?

  • Sementara ini premi polis FWD bisa dibayarkan melalui Transfer Tunai, Debit Rekening (Bank Mandiri, BCA dan BRI) serta Debit Kartu Kredit. Anda bisa lihat Panduan Pembayaran Premi di sini.

  • Apakah bisa jika polis FWD saya cara pembayarannya menggunakan bank transfer/cash lalu ingin merubah frekuensinya menjadi bulanan?

  • Untuk perubahan cara bayar Bank transfer/Cash tidak bisa dirubah jika frekuensinya Bulanan.

  • Saya ingin merubah frekuensi bayar polis FWD saya dari tahunan menjadi bulanan apakah berpengaruh pada premi saya?

  • Premi yang sudah terbentuk pada saat pembelian polis FWD akan berubah jika frekuensi bayarnya berubah.

  • Bagaimana cara untuk mengajukan frekuensi bayar pada polis FWD?

  • Kamu dapat melengkapi persyaratan berikut: 1. mengisi formulir perubahan polis financial 2. melampirkan copy ID Pemegang Polis.

  • Kapan Laporan Transaksi dikirimkan ke nasabah?

  • FWD Life Indonesia akan menerbitkan Laporan Transaksi (Transaction Statement) pada setiap tanggal jatuh tempo frekuensi pembayaran premi. Laporan Transaksi akan memberikan informasi mengenai transaksi  yang dilakukan, misalnya pembayaran premi yang memiliki alokasi pembelian unit, penarikan dana (withdrawal), penebusan, penambahan dana (single top up), pengalihan dana investasi (fund switching).

  • Kapan saja pendebetan rekening dilakukan?

  • Pendebetan rekening tabungan di Bank Mandiri atau BCA juga kartu kredit, dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Untuk polis yang terbit antara tanggal 27-05 akan didebet setiap tanggal  05. 
    • Untuk polis yang terbit antara tanggal 06-15 akan didebet setiap tanggal 15. 
    • Untuk polis yang terbit antara tanggal 16-26 akan di debet setiap tanggal 26. 
    • Apabila terjadi gagal debet, maka pendebetan akan diulang kembali pada tanggal yang telah ditentukan.
  • Apakah saya bisa menentukan tanggal pendebetan Polis saya?

  • Tidak. Tanggal pendebetan sudah ditentukan sesuai tanggal jatuh tempo polis dan sesuai dengan jadwal pendebetan yang telah di sepakati antara FWD Life Indonesia dan  bank terkait (Bank Mandiri dan BCA).

  • Apakah nasabah menerima kuitansi atas pembayaran preminya?

  • Tidak. Untuk pembayaran polis autodebet (rekening tabungan atau kartu kredit), mutasi pada rekening tabungan nasabah dan tagihan pada kartu kredit merupakan bukti pembayaran premi. Nasabah akan menerima Laporan Transaksi pada setiap jatuh tempo polis sesuai dengan frekuensi pembayaran premi.

  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses penarikan Nilai Investasi ?

  • Proses Penarikan Nilai Investasi adalah 5 hari kerja sejak semua dokumen persyaratan diterima lengkap di Kantor Pusat FWD Life Indonesia, Gedung WTC 1 Lantai 11, Jl. Jend. Sudirman Kav. 29-31 Jakarta Selatan 12920 sampai dana diterima di rekening Pemegang Polis.

  • Bagimana cara membayar Premi Lanjutan?

  • Nasabah FWD Life Indonesia dapat melakukan pembayaran dengan pilihan cara pembayaran berikut:

    • Auto Debet Rekening
      Rekening bank nasabah akan didebet pada saat jatuh tempo pembayaran premi. Untuk menikmati fasilitas pendebetan otomatis ini, nasabah harus melengkapi dokumen sebagai berikut:
      • Formulir Surat Kuasa Pendebetan Rekening yang sudah diisi dan ditandatangani diatas materai 
      • Fotokopi buku tabungan bagian depan/halaman pertama  
      • Fotokopi Kartu identitas (KTP/SIM/KITAS)
    Bank yang bekerjasama dengan FWD Life Indonesia untuk proses pendebetan rekening adalah Bank Mandiri dan BCA.
    • Auto Debet Kartu Kredit
      Rekening kartu kredit nasabah akan didebet pada saat jatuh tempo pembayaran premi. Untuk proses pendebetan ini, nasabah harus melengkapi dokumen sebagai berikut:
      • Surat Kuasa Pendebetan Kartu Kredit yang sudah diisi dan ditandatangani diatas materai
      • Fotokopi kartu kredit bagian depan 
      • Fotokopi Kartu identitas (KTP/SIM/KITAS)
    Kartu Kredit yang dapat digunakan adalah jenis Visa, Master  dan BCA Card

  • Bagaimana jika terjadi gagal debet pada pembayaran Polis saya?

  • Setiap bulan, akan dilakukan percobaan pendebetan sebanyak 3 kali pada tanggal: 05, 15, dan 26 setiap bulannya dan berlanjut ke bulan berikutnya. Jika sampai masa leluasa pembayaran premi masih belum berhasil, maka Nilai Investasi (jika ada) akan ditarik untuk menutupi biaya-biaya yang dikenakan, dan jika ternyata Nilai Investasi tidak mencukupi untuk kenutup biaya-biaya tersebut maka polis akan menjadi tidak aktif (Lapse) dan perlindungan tidak berlaku.

Let us learn about your needs

24-hour Customer Hotline

+62 1500 391