Perluas Jangkauan Bisnis di Kepulauan Riau, FWD Life Buka Kantor Pemasaran di Batam

  • Tingkatkan penetrasi asuransi, FWD Life hadirkan pengalaman asuransi yang mudah dan sederhana untuk masyarakat Kepulauan Riau dengan inovasi digital teknologi
  • FWD Life mengadakan kelas “Bebas Berbagi” untuk mendukung pengembangan bisnis komunitas pengusaha muda di Batam dengan mempersiapkan perlindungan asuransi

Batam, 17 Februari 2017 – PT FWD Life Indonesia (“FWD Life”), asuransi jiwa berbasis digital, resmi membuka kantor pemasaran ke – delapan (8) di kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Langkah ini merupakan komitmen FWD Life dalam memperluas jangkauan pasar asuransi di wilayah Indonesia Bagian Barat setelah sebelumnya FWD Life telah hadir di Medan, Sumatera Utara dan Palembang. Batam merupakan kawasan strategis untuk mendukung FWD Life menjaring semakin banyak masyarakat sehingga dapat menopang bisnis perusahaan terutama penetrasi akan produk dan layanan serta meningkatkan jumlah agen FWD Life.

Presiden Direktur FWD Life, Rudi Kamdani mengatakan, “FWD Life telah mencatat pertumbuhan bisnis yang positif sejak pertama berdiri pada tahun 2014 sehingga memicu kebutuhan perusahaan untuk terus melakukan ekspansi dibeberapa kota besar, salah satunya Batam. Kehadiran kami di Batam juga sejalan dengan visi FWD Life untuk “mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi” dengan menyediakan pengalaman nasabah yang berbeda, dengan produk yang mudah dipahami, didukung teknologi digital.”

Dengan hadirnya FWD Life di Batam, FWD Life berharap perusahaan dapat semakin dekat dalam menjangkau sekitar 1,9 juta penduduk di Kepulauan Riau, khususnya 1,3 juta penduduk di wilayah Batam yang memiliki peran penting dalam menyokong pertumbuhan ekonomi Indonesia khususnya untuk Kepri. Hingga triwulan II 2016, Kepri masih mampu membukukan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, yakni meningkat 5,40% dibandingkan dengan tahun sebelumnyayang sebesar 4,54%.

Rudi menambahkan, “Tenaga agen yang terpercaya dan inovasi teknologi yang dimiliki oleh FWD Life akan membantu proses berasuransi menjadi lebih mudah dan sederhana serta dapat dilakukan kapan saja dimana saja. Dengan demikian, sejalan dengan upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perusahaan diharapkan dapat membantu meningkatkan literasi dan inklusi asuransi di seluruh Kepulauan Riau.”

Director & Chief Agency Officer FWD Life, Hendra Thanwijaya mengatakan sampai saat ini, FWD Life memiliki lebih dari 100 agen berlisensi khusus di kota Batam dan berencana untuk mengembangkan jumlah agen berlisensi sampai 500 dalam waktu 1 tahun mendatang. Selain itu, di Batam sendiri FWD Life telah memiliki jumlah anggota financial planner yang telah memiliki standar pengakuan internasional atas pencapaian luar biasa dalam profesi asuransi jiwa atau Million Dollar Round Table (MDRT) yang cukup baik.

Didukung dengan teknologi digital yang dimiliki oleh FWD Life, ruang gerak para agen akan sangat efektif untuk menghadirkan kemudahan bagi masyarakat dalam berasuransi dengan proses lebih cepat, mudah dan sederhana. Hal ini didukung oleh hasil survei dari Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) yang mengungkapkan bahwa penggunaan internet di Kepulauan Riau mencapai 19% dari total jumlah pengguna internet di wilayah Pulau Sumatera.

“Inovasi digital teknologi yang dimiliki oleh FWD Life, salah satunya seperti inovasi Digital Agency yakni sebuah aplikasi mobile yang komprehensif dapat memungkinkan agen untuk melakukan proses berasuransi dengan lebih cepat dan mudah. Hal ini dapat dilakukan dengan dukungan aplikasi penjualan produk yang efisien, M-Commerce dan aplikasi yang berisi modul pelatihan (M-Training) sehingga dapat mendukung karir mereka sebagai agen FWD Life. Selain itu pada aplikasi mobile Digital Agency juga terdapat M-Recruitment yakni sebuah aplikasi proses perekrutan, yang menyediakan layanan pendaftaran online, manajemen database serta modul pembelajaran guna perekrutan agen. Pendekatan ini dapat meminimalisir gap masyarakat dalam berasuransi, terlebih di wilayah kepulauan seperti ini”, kata Hendra.

Hendra menambahkan, sebagai salah satu kota yang mencatat pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, Kepulauan Riau, terutama Batam menghadirkan peluang baru bagi FWD Life untuk menembus pasar tersebut. Terlebih kebutuhan masyarakat terhadap perlindungan asuransi yang dikaitkan dengan investasi akan terus tumbuh dan FWD Life siap dalam melayani dan berkembang bersama dengan pasar tersebut. Produk-produk asuransi yang dikaitkan investasi (unitlink) dari FWD Life seperti: SPrInt Link Plus & Bebas Ikhtiar dengan asuransi tambahan (rider) kesehatan, kematian dan kecelakaan akan memperkaya pilihan nasabah dalam mempersiapkan perlindungan asuransinya.

FWD Life Ajak Anak Muda Batam Promosikan Ekonomi Kreatif Lokal
FWD Life juga memanfaatkan momentum kehadirannya di Batam dengan mengajak masyarakat Batam, terutama generasi muda yang melek internet untuk mempromosikan ekonomi kreatif Batam. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan peluang usaha agar para UMKM dapat menembus pasar luar negeri dengan memanfaatkan digital. FWD Life melihat bahwa Batam memiliki potensi sebagai “kantong” wirausaha dan pusat ekonomi kreatif didukung dengan sumber daya manusia yang memadai serta kondisi geografis yang strategis antara Singapura dan Malaysia.

Untuk itu, FWD Life mengelar “Kelas Bebas Berbagi” untuk komunitas anak muda Batam dengan memberikan tips & tricks membuat video kreatif yang mampu membantu mempromosikan para UMKM asli Batam di ranah digital. Melalui kegiatan ini, FWD Life berharap komunitas tersebut dapat ikut mendukung para pengusaha UMKM untuk lebih mempromosikan dan membangun bisnis yang berkelanjutan, menciptakan kemandirian ekonomi sekaligus berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia.



***Selesai***


Mengenai PT FWD Life Indonesia (“FWD Life”):
PT FWD Life Indonesia (“FWD Life”) merupakan perusahaan asuransi jiwa patungan dan bagian dari FWD Group. Produk yang ditawarkan adalah produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi, asuransi berjangka individu & kumpulan, asuransi kecelakaan diri individu & kumpulan, dan asuransi kesehatan kumpulan melalui jalur distribusi yang didukung teknologi termasuk keagenan, bancassurance, e-commerce dan korporasi. FWD Life telah mendapatkan izin pendirian unit syariah pada 14 Juli 2015.

Selain di Indonesia, FWD Group memiliki jaringan usaha di Hong Kong & Macau, Thailand, Filipina, Singapura dan Vietnam menawarkan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, asuransi umum dan employee benefits kepada beberapa market yang dimilikinya. Berdiri di Asia sejak tahun 2013, FWD merupakan lini bisnis asuransi dari grup investasi, Pacific Century Group.

FWD fokus dalam mengembangkan pengalaman konsumen yang baru dengan menghadirkan produk-produk yang mudah dipahami, didukung oleh teknologi digital terdepan. Melalui pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, FWD akan meraih visinya untuk menjadi perusahaan asuransi terkemuka di wilayah Asia Pasifik yang dapat mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi.

FWD Life terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi WWW.FWD.CO.ID.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
FWD Life
Duhita Rahma Mahatmi (Gandis)
Corporate Communications
Telp: (+62) 1 500 393; duhita.mahatmi@fwd.com