Passion story

Pilih Sendiri Akhir Ceritamu dengan Gamebook

Passionate people yang hobi membaca, pernahkah merasa kecewa dengan akhir cerita buku yang dibaca karena tidak sesuai dengan harapanmu? Ya, ini memang adalah masalah yang umum terjadi. Bahkan terkadang bisa membuatmu merasa kesal karenanya. Namun, kalau buku yang dibaca adalah gamebook, passionate people tidak perlu khawatir karena bisa memilih akhir cerita sendiri sesuai kesukaanmu.

Kok bisa begitu ya? Jelas saja, karena pada gamebook, tokoh utama dalam cerita adalah kamu sendiri. Jadi, kamu juga yang akan menentukan akan seperti apa jalan cerita selanjutnya, klimaks yang terjadi, hingga akhir jalan ceritanya. Penasaran? Yuk, kulik lebih lanjut mengenai buku unik ini.

Sejarah Singkat Gamebook

Berdasarkan wikipedia.com, cerita dengan melibatkan pembaca pada dasarnya sudah mulai diperkenalkan sejak tahun 1930-an. Namun untuk gamebook series yang pertama kali yaitu pada tahun 1972-1980 oleh penerbit Transworld di Inggris. Sementara di Amerika Serikat, gamebook dipublikasikan pada tahun 1976-1977 melalui The Adventure of You Series yang kemudian menjadi Choose Your Own Adventure Series dengan dua judul yaitu Sugarcane Island oleh Edward Packard dan Journey Under The Sea oleh R. A. Montgomery.

Keunikan Gamebook dan Contohnya

Seperti yang sudah disebutkan, pada gamebook kamu akan berperan sebagai tokoh utama dalam cerita ini. Permainan dalam buku akan berbentuk pilihan di mana kamu bisa menentukan kelanjutannya sesuai keinginanmu.

Misalnya ketika tokoh utama sedang bersama seseorang yang membencinya sehingga takut akan disakiti. Contoh bentuk pilihannya yaitu:

“Ada banyak makanan di meja makan, tetapi bagaimana jika makanan tersebut mengandung racun?”

Pilihan 1: Tetap memakan makanan yang sudah disajikan (Buka halaman 10)

Pilihan 2: Menolak tawaran makan dengan alasan sudah kenyang. (Buka halaman 19)

Tentu saja, hasil saat kamu memilih pilihan 1 dan 2 akan berbeda. Misalnya makanan tersebut benar mengandung racun, maka dengan memilih nomor 1, cerita akan berakhir dengan kematianmu. Namun jika memilih nomor 2, kamu bisa melanjutkan cerita dan menghadapi konflik lainnya.

Biasanya, pilihan ini akan diberikan pada bagian footnote dan gamebook tidak akan memiliki urutan halaman seperti layaknya novel atau buku cerita lainnya. Selain itu, akhir cerita pada gamebook bisa sangat beragam jadi semakin menarik untuk dibaca. Jika kamu penasaran untuk menyelesaikan semua cerita yang disediakan oleh gamebook, kamu harus menyiapkan catatan sehingga bisa kamu cocokkan agar tidak memilih pilihan yang sama.

Salah satu gamebook yang sangat terkenal adalah Give Yourself Goosebumps Series. Novel karya penulis misteri terkenal, yaitu R. L. Stine, ini mempublikasikan 50 buku pada tahun 1995-2000 dan semuanya habis terjual.

Sayangnya, era digital membuat popularitas gamebook mulai menurun. Di Indonesia sendiri tidak mudah menemukan gamebook untuk cerita-cerita baru. Namun passionate people tidak perlu kecewa jika penasaran dengan buku ini. Sebab beberapa passionate people masih bisa menemukan buku ini di beberapa e-commerce dengan harga yang sangat terjangkau. Tertarik untuk mencoba petualanganmu sendiri?

Sumber: