Passion story

Tips aman untuk traveling saat new normal

27 Oktober 2020

Oleh FWD Insurance


Berada di rumah saja selama berbulan-bulan tentunya terasa menjenuhkan. Namun, perlu diingat bahwa saat ini kita masih dalam pandemi COVID-19. Beberapa hal, termasuk traveling tidak bisa seperti sedia kala. Untuk kamu yang perlu bepergian untuk alasan pekerjaan ataupun wisata, simak artikel ini untuk mengetahui persiapan apa yang perlu kamu lakukan.

 

1. Cek kesehatan dan mempersiapkan dokumen

Langkah awal sebelum melakukan perjalanan adalah mempersiapkan dokumen keterangan sehat bebas COVID-19, baik dengan rapid test atau tes polymerase chain reaction (PCR) dengan metode swab.

 

2. Tinjau peraturan destinasi

Kawasan wisata populer, seperti Bali mewajibkan setiap orang untuk mengisi formulir aplikasi di https://cekdiri.baliprov.go.id/. Setelah mengisi formulir, kamu akan mendapatkan QR code sebagai bukti pengisian. Siapkan juga dokumen surat bebas COVID-19 sebagai persyaratan pembelian tiket dan perjalanan, baik lewat jalur udara maupun laut. Masa berlaku dari surat keterangan negatif COVID-19, baik lewat PCR ataupun rapid test adalah 14 hari.

 

3. Download aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang wajib kamu download sebelum bepergian. Aplikasi PeduliLindungi adalah salah satu langkah pemerintah untuk melakukan penelusuran (tracing), pelacakan (tracking), dan mengurung atau isolasi (fencing) dengan mendeteksi nomor ponsel yang pernah berada di sekitar pasien positif COVID-19, serta memperingatkan orang-orang yang berada di satu lokasi lewat SMS agar tidak berkumpul.

 

Untuk kamu yang melakukan perjalanan dalam negeri melalui laut atau udara, kamu wajib memiliki aplikasi electronic Health Alert Card (eHAC) yang dapat diakses di https://inahac.kemkes.go.id/ untuk membantu pemerintah memonitor dan mengurangi risiko penyebaran penyakit oleh penumpang. 

 

4. Tetap waspada

Apapun pilihan destinasi ataupun transportasimu, tetap jaga kebersihan diri selama perjalanan. Siapkan peralatan kebersihan yang wajib, seperti masker, hand sanitizer, disinfektan, sabun, tisu basah, dan tisu kering. Bawa juga obat-obatan pribadi serta vitamin. Selalu gunakan masker dan peralatan pribadi, seperti alat makan, botol minum, handuk, dan lain sebagainya. Walaupun kamu sedang berlibur, jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak, tidak menyentuh wajah, dan menghindari tempat wisata yang ramai.

 

 

Apabila dirasa tidak ada keperluan terlalu penting lebih baik untuk tetap ditinggal dirumah. Namun, jika kegiatan traveling sudah direncanakan dari jauh hari, selain sebuah persiapan matang, perlindungan juga merupakan bekal penting dalam perjalanan.