Passionstory Herobanner negaratenang
Passion story

Supaya liburan tenang, mana saja negara yang paling ramah untuk anak-anak?

1 Maret 2021

Oleh FWD Insurance


Liburan bisa menjadi alternatif pilihan untuk menghilangkan kepenatan. Namun seringkali momen liburan malah jadi gagal karena anak suka rewel. Fakta ini seringkali membuat para orang tua khawatir dan memilih untuk liburan di dalam kota. Ternyata kamu bisa tetap liburan ke luar negeri sambil membawa anak lho! Caranya dengan memilih tujuan negara yang ramah anak, sehingga selain orang tua bisa rileks, anak juga bisa bersenang-senang. Lalu mana saja sih negara yang paling ramah untuk anak-anak ?


1. Inggris
Inggris merupakan negara yang harus kamu coba untuk datangi bersama anak-anak. Mobilitas menggunakan kereta yang nyaman dan aman tidak akan membuat anak menjadi rewel. Sepanjang perjalanan, anak akan dimanjakan dengan pemandangan di stasiun yang tertata rapi. Alih-alih menangis, mereka justru akan menunjukkan ketertarikan pada interior desain stasiun yang unik.

Inggris memiliki banyak museum bersejarah yang edukatif dan taman-taman hijau untuk bermain. Kamu dapat membawa anak-anak untuk bermain di taman sambil menikmati fish and chips dan meminum teh. Mereka bisa bermain dengan leluasa di udara terbuka, dan kamu juga bisa melepas penat dengan tenang. Makanan yang disuguhkan juga tidak terlalu asing di lidah anak-anak yang suka pilih-pilih makanan. Kamu bisa memesan french fries ala inggris yang bisa ditemukan di restoran atau pun street food di sepanjang perjalanan. Atmosfer di Inggris yang tidak terlalu padat penduduk membuat anak bakal anteng dan nggak banyak rewel.


2. Finlandia
Sudah tahu kan kalau Finlandia terkenal sebagai negara yang pendidikannya maju banget? Ternyata bukan itu saja lho keunikan yang dimiliki oleh negara di benua eropa ini. Cuaca yang sejuk dan pemandangan alam yang indah adalah daya tarik tersendiri yang tidak bisa kamu temukan di tempat lainnya. Finlandia punya transportasi umum yang aman dan nyaman dengan tata kota yang apik dan rapi.

Kamu tidak perlu khawatir dengan anak-anak karena Finlandia menduduki peringkat pertama sebagai negara teraman di dunia dengan tingkat kejahatan 0 persen. Pasti suka ngeri kan membawa anak ke luar negeri karena mereka yang agresif dan atraktif bikin kamu merasa was was dan takut kehilangan? Di Finlandia, kamu bisa berjalan kaki dengan leluasa tanpa takut anak terancam diculik atau ada kejadian penjambretan yang bikin anak menjadi trauma.

Salah satu destinasi wisata alam yang dapat kamu kunjungi adalah Rovaniemi. Rovaniemi ialah nama sebuah desa yang konon merupakan asal-usul dongeng sinterklas. Desa ini terletak di lingkar Artik yang dekat dengan Kutub Utara. Menariknya, Rovaniemi merupakan tujuan wisata untuk melihat pemandangan aurora yang indah. Kalau Aurora jarang kamu temukan di tempat asalmu, tenang saja, frekuensi kemunculannya di Rovaniemi bisa sebanyak 200 kali dalam setahun. Selain di desa ini, kota Lapland yang berada di utara Finlandia juga menawarkan paket wisata pemandangan aurora yang beragam.


3. Jepang
Negara sakura satu ini sudah sering menjadi tujuan wisata masyarakat Indonesia. Negara empat musim yang terletak di Asia ini adalah pilihan terbaik apabila kamu ingin membawa anak untuk liburan. Jepang memiliki transportasi umum yang nyaman dan aman. Makanannya pun tidak jauh berbeda dengan lidah orang Indonesia sehingga anak tidak akan kesulitan menemukan makanan kesukaannya.

Di Jepang, kamu bisa mengajak anak menikmati berbagai wahana di Tokyo Disneylands. Digadang-gadang sebagai Disneyland terbaik karena Jepang menerapkan standar tinggi untuk layanan konsumen, perawatan, para penghibur, dan pilihan makanannya. Selain Disneyland, ada juga wahana tertua di Jepang, yaitu Asakusha Hanayashiki. Masih banyak lagi lokasi wisata yang akan disukai oleh anak-anak, seperti museum gudetama yang bisa dikunjungi untuk menyaksikan berbagai koleksi gudetama yang lucu dan odaiba legoland discovery centre yang memiliki banyak wahana dan sinema 4D yang patut dicoba oleh pecinta lego.


4. Taiwan
Taiwan adalah salah satu Negara yang bisa kamu coba untuk datangi bersama anak-anak. Selain terkenal dengan street food yang bisa kamu datangi bersama anak-anak, Anda juga bisa mengunjungi berbagai pemandangan alam yang dijamin akan membuat takjub, seperti Wulai Valley Hot Spring yang merupakan tempat pemandian air panas terkenal. Karena kamu sedang liburan bersama anak, tidak ada salahnya pula untuk mengunjungi themed park yang berada di Taiwan. Beberapa di antaranya adalah WoC (Window on China) yang menyuguhkan taman miniatur kota Taiwan, China, serta kota-kota di Eropa dan terdapat pula berbagai wahana permainan yang dapat dicoba. Ada pula World Chocolate Wonderland yang berlokasi di Tamsui District, Kota Taipei. Di sini pengunjung bisa mengenal dan bereksperimen dengan cokelat


5. Singapura
Negara yang masih bisa dibilang tetangga dari Indonesia ini, bisa didatangi dengan mudah dan dekat. Anak tentunya akan semakin rewel bila perjalanan terlalu jauh dan tidak nyaman. Apabila kamu masih memiliki anak balita dan tidak memiliki pengasuh, sebaiknya pertimbangkan berlibur ke destinasi wisata luar negeri yang dekat dengan Indonesia.

Di Singapura yang tata kotanya rapi dan kebersihannya terjamin, kamu tidak perlu khawatir anak akan rewel karena merasa tidak nyaman. Singapura juga menawarkan banyak destinasi wisata yang ramah anak-anak dengan berbagai wahana permainan yang menyenangkan, seperti Universal Studios dan Indoor Snow Park.

Liburan ke Singapura juga bisa menghemat pengeluaran kamu karena tidak butuh untuk merogoh kocek lebih dalam. Kamu bisa mengalokasikan pengeluaran untuk kebutuhan si kecil lainnya yang biasanya memakan budget lebih besar dari orang dewasa. Seperti membeli jajan, mainan, atau pakaian tambahan. Liburan bersama anak memang jauh lebih banyak hal yang tidak bisa diprediksi, bukan?


Bagaimana? Dari kelima Negara tersebut, apakah kamu sudah dapat memilih kemana liburan keluarga kamu?


Bagikan