Herobanner_workout
Passion story

Work from home udah! Kalau workout from home?

1 Januari 2021

Oleh FWD Insurance



#Dirumahaja bukan berarti hanya laptop-an dan rebahan. Arnold Schwarzenegger-aktor, bodybuilder, dan pemain Terminator yang kekar itu-mengajak kita untuk fokus pada apa yang bisa kita kontrol, yaitu berolahraga. Walau tanpa gym, kamu tetap bisa workout dengan modal yang minim.

 

Yang bisa kamu lakukan adalah…

Mulai mencari aplikasi atau tutorial berolahraga yang cocok dengan goal kamu. 

Siapkan juga tempat yang nyaman untuk berolahraga dan ajak anggota keluarga, termasuk anak untuk ikut menjaga kesehatan. 


Mulai dari dasarnya
World Health Organization (WHO) merekomendasikan beberapa gerakan berikut: 

Knee to elbow (Lutut ke siku)
Gerakan: Angkat lutut kiri bertemu siku kanan dan sebaliknya
Durasi: 1-2 menit, istirahat selama 30-60 detik dan ulangi hingga 5 kali
Tujuan: meningkatkan detak jantung

Plank
Gerakan: Letakkan lengan bawah sebagai penopang dengan siku di bawah bahu. Sejajarkan pinggul dengan tinggi kepala dan tahan
Durasi: 20-30 detik atau lebih, istirahat selama 30-60 detik dan ulangi hingga 5 kali.
Tujuan: mengencangkan perut, lengan, dan kaki

Back extensions
Gerakan: Angkat dan turunkan bagian atas tubuh sambil memegang telinga dengan ujung jari tangan dan posisi kaki menempel di lantai
Durasi: 10-15 kali, istirahat 30-60 detik, ulangi hingga 5 kali
Tujuan: mengencangkan otot punggung

Squats
Gerakan: Posisikan kaki sejajar pinggul dengan jari kaki mengarah keluar. Tekuk lutut hingga sejajar dengan kaki dan tumit tetap menempel di lantai, kemudian luruskan
Durasi: 10-15 kali, istirahat 30-60 detik, ulangi hingga 5 kali
Tujuan: mengencangkan kaki dan otot pantat

Child’s pose
Gerakan: Lutut di lantai, pinggul di atas tumit, perut di atas paha dan panjangkan lengan ke depan, kemudian tarik napas dan tahan
Durasi: 20-30 detik
Tujuan: meregangkan punggung, bahu, dan bagian samping tubuh

Meditasi
Gerakan: Duduk di lantai dengan kaki bersila dan punggung yang tegak. Tutup mata, rileks, dan ambil napas panjang. Konsentrasi pada pernapasan dan tidak fokus pada hal-hal lain dan tahan
Durasi: 5-10 menit
Tujuan: menjernihkan pikiran


Langkah terakhir untuk sehat optimal, perlindungan maksimal. Tidak hanya dengan olahraga, jagalah kesehatan juga dengan mencuci tangan, minum air putih, makan makanan bergizi, dan tidur yang cukup. 

Sumber:
https://www.bloomberg.com/news/articles/2020-03-20/arnold-schwarzenegger-shares-workout-tips-for-virus-quarantine
http://www.euro.who.int/en/health-topics/health-emergencies/coronavirus-covid-19/novel-coronavirus-2019-ncov-technical-guidance/stay-physically-active-during-self-quarantine
https://www.bloomberg.com/news/articles/2020-03-20/arnold-schwarzenegger-shares-workout-tips-for-virus-quarantine
http://www.euro.who.int/en/health-topics/health-emergencies/coronavirus-covid-19/novel-coronavirus-2019-ncov-technical-guidance/stay-physically-active-during-self-quarantine