Passionstory Herobanner Manfaatmusik
Passion story

Musik dan manfaatnya saat bekerja!

1 Maret 2021

Oleh FWD Insurance


Bagi sebagian orang, bekerja terasa kurang lengkap tanpa mendengarkan musik. Selain untuk menghindari suara berisik dan mengurangi godaan mengobrol dengan rekan kerja, mendengarkan musik ternyata juga memiliki sejumlah efek positif yang bermanfaat untuk pekerjaanmu. Apa saja manfaat-manfaat tersebut?

1. Meningkatkan produktivitas
Survei dengan 4.500 responden yang diadakan TotalJobs menemukan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan produktivitas saat bekerja. Menurut psikolog musik Dr. Anneli Haake, musik dapat menstimulasi mental saat sedang melakukan pekerjaan. Akibatnya, performa kerja juga akan ikut meningkat. Dr. Haake menambahkan bahwa mendengarkan musik juga merupakan aktivitas yang berdampak positif bagi karyawan yang cenderung introvert.

2. Meningkatkan mood
Sebanyak 59% responden dari survei yang sama menyatakan bahwa mendengarkan musik dapat memperbaiki suasana hati mereka saat bekerja. Temuan ini didukung oleh studi dari West Virginia University yang menyatakan bahwa mendengarkan musik dapat membantu mengurangi level kortisol atau hormon stres. Selain itu, musik juga dapat mempercepat pemulihan dari hal-hal yang menyebabkan stres saat bekerja. Manfaat ini muncul karena mendengarkan musik memiliki dampak yang serupa seperti meditasi pada otak.

3. Mendorong kreativitas
Studi yang diterbitkan dalam jurnal Plos One menunjukkan bahwa mendengarkan musik yang upbeat saat bekerja dapat membantu meningkatkan fokus, memperkuat kreativitas, dan mendorong munculnya ide-ide baru.

4. Musik seperti apa yang dapat didengarkan sambil bekerja?
Menurut Dr. Haake, dampak-dampak positif dari musik dapat diraih dengan mendengarkan jenis-jenis musik tertentu. Musik dengan struktur yang simpel misalnya, akan mempermudah otak untuk fokus. Sebaliknya, musik dengan struktur yang kompleks malah akan mengganggu fokusmu.

Selain itu, lagu-lagu baru dan belum pernah didengarkan juga akan mengalihkan perhatianmu dari pekerjaan, karena otak akan berupaya mencerna lagu baru tersebut. Karena itu, lagu-lagu yang sudah familiar lebih baik untuk didengarkan saat bekerja. Walaupun lagu-lagu dengan lirik favoritmu dapat memperbaiki mood, tetapi jangan sampai kamu terdistraksi ya. Dengan musik favoritmu, bekerja dapat terasa lebih menyenangkan.

 

 

 


Sumber:

https://www.totaljobs.com/advice/listening-to-music-while-working-improves-job-satisfaction-and-productivity
https://content.iospress.com/articles/journal-of-alzheimers-disease/jad151106
https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0182210
https://www.totaljobs.com/advice/listening-to-music-while-working-improves-job-satisfaction-and-productivity