Passionstory Herobanner Lelahdengarkanmusik
Passion story

Lelah dan stress beraktivitas? Coba dengarkan jenis musik ini!

1 Maret 2021

Oleh FWD Insurance


Kesibukan sehari-hari tidak jarang membuat kita jenuh dan lelah. Jika tidak segera diatasi, bukan tidak mungkin kita akan mengalami stres secara berkelanjutan. Ternyata, solusinya tidak sesulit yang kita bayangkan. Mendengarkan musik dapat menjadi sarana efektif untuk meredakan stres dan kelelahan setelah beraktivitas sehari-hari. Simak jenis-jenis musik yang dapat membantu mengurangi stres di bawah ini!


Musik klasik
Musik klasik telah terbukti memiliki manfaat berlimpah bagi kesehatan mental pendengarnya. Salah satu penelitian dari University of California menunjukkan, musik klasik adalah jenis musik yang paling efektif dalam menurunkan tekanan darah dan membantu meredakan stres.Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa siswa yang mendengarkan musik klasik sebelum ujian mendapatkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak mendengarkan musik klasik. Hal ini disebabkan karena musik klasik dapat membantu menyiapkan otak untuk menerima dan memproses informasi serta meningkatkan fokus.

Smooth jazz
Tempo yang pelan dan instrumentasi yang harmonis membuat smooth jazz menjadi salah satu jenis musik yang cocok untuk relaksasi. Meskipun kebanyakan lagu dalam genre ini adalah lagu instrumental, alunan alat musik tiup, seperti trombon dan saksofon yang menjadi ciri khasnya mampu menciptakan suasana yang tenang dan romantis. Tidak hanya itu, mendengarkan musik smooth jazz sebelum tidur juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidurmu. Tempo sekitar 60 hingga 80 BPM (beats per minute) yang banyak ditemui dalam lagu-lagu smooth jazz akan mendorong tubuh untuk rileks dengan memperlambat napas dan detak jantung untuk tidur yang nyenyak.

Musik alam
Mendengarkan suara-suara alam, seperti bunyi ombak atau suara hujan akan membantumu untuk rileks dan melepaskan beban aktivitas sehari-hari. Mendengarkan suara alam yang lembut telah terbukti untuk meningkatkan mood dan fokus. Penelitian dari Rensselaer Polytechnic Institute juga menemukan bahwa beraktivitas sambil mendengarkan suara-suara alam akan meningkatkan perasaan positif dan mengurangi potensi stres yang dapat muncul.


Hindari stres dan burnout dengan memilih jenis musik yang tepat. 

 

 

 

 


Sumber:

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15296685/
https://news.usc.edu/71969/studying-for-finals-let-classical-music-help/
https://www.psychologytoday.com/us/blog/sleep-newzzz/201812/the-many-health-and-sleep-benefits-music
https://asa.scitation.org/doi/abs/10.1121/1.4920363