Passion story Hero banner kumpulan musisi
Passion story

4 Podcast wajib dengar untuk melek finansial

1 Maret 2021

Oleh FWD Insurance


Setiap musisi memiliki ciri khas masing-masing dalam berkarya. Beberapa musisi memilih untuk membuat lagu dengan lirik sederhana. Namun, ada pula yang berpegang teguh pada idealismenya dan memanfaatkan musik untuk mengkritik berbagai hal, seperti isu sosial, politik, hingga lingkungan. Awalnya, musisi yang menjadikan musik sebagai jalan untuk mengkritik ini nggak mendapatkan restu pemerintah dan sering dibubarkan secara paksa, bahkan dipenjarakan. Mereka pun nggak memiliki banyak penggemar.Berbeda dengan masa-masa tahun 1990-an, saat ini musisi yang mengangkat isu sosial, politik, dan lingkungan justru sedang digemari. Mereka dianggap dapat mewakili aspirasi masyarakat dan nggak ditunggangi oleh kepentingan penguasa. Kamu bisa mendengarkan lagu-lagu mereka untuk menyemangati diri sendiri dan nggak menyerah untuk memperjuangkan isu sosial, politik, dan lingkungan. Berikut kumpulan musisi yang mengusung isu sosial, politik, dan lingkungan yang bisa kamu dengarkan!

1. Iwan Fals
Siapa sih yang nggak mengenal musisi satu ini? Iwan Fals memang dikenal dengan idealismenya dalam melawan pemerintah lewat lagu. 

2. Slank
Terbentuk sejak tahun 1983, band satu ini kerap membawakan lagu dengan nuansa isu sosial dan politik. 
 
3. Navicula
Grup band asal Bali ini kerap membawakan lagu-lagu yang liriknya berisi isu lingkungan hidup. 
 
4. Efek Rumah Kaca
Band yang digawangi oleh Cholil Mahmud sebagai vokalis dan gitaris ini merupakan band pengiring dalam acara bergengsi Mata Najwa. 
 
5. Nosstress
Nosstress merupakan band yang menunjukkan kepeduliannya lewat pulau Dewata lewat lagu-lagunya. 
 
6. Feast
Band satu ini sedang naik daun. Feast terdiri dari sekumpulan mahasiswa FISIP UI. 


Itu tadi kumpulan musisi yang mengusung isu sosial, politik hingga lingkungan. Kamu mau mendengarkan yang mana duluan, nih?