Passion story Hero banner musisi indo
Passion story

Inovasi industri musik di tengah pandemi

1 Maret 2021

Oleh FWD Insurance


Sebagai orang Indonesia sudah sepantasnya kita bangga dengan karya anak bangsa. Namun, masih banyak anak muda yang kurang menghargai musisi lokal. Padahal, banyak banget musisi Indonesia yang sudah mendunia. Nggak cuma tampil di luar negeri, beberapa musisi juga berhasil meraih penghargaan Internasional. Penasaran? Ini nih beberapa musisi Indonesia yang keren dan punya prestasi internasional!c

1. Agnez Mo
Pernah disepelekan banyak pihak saat awal berkarir di dunia musik Indonesia, Agnez Mo berhasil membuktikan kesuksesannya di dunia Internasional. Dara yang memiliki motto hidup “Dream, Believe, and Make it Happen”, ini pernah tampil duet dengan Timbaland, Keith Martin, dan Boy Magnet. Ia pernah membawa pulang penghargaan pada ajang Asia Song Festival di Korea Selatan selama dua tahun berturut-turut, yakni pada tahun 2008 dan 2009.
Prestasinya dalam dunia musik Internasional nggak berhenti di situ saja. Ia pernah mendapatkan penghargaan pada acara MNet Asian Music Awards yang digelar di Korea Selatan. Agnez Mo memenangkan kategori Best Asian Artist (Indonesia) pada tahun 2012 dan 2017. Ia juga pernah membawa pulang 7 piala dalam ajang bergengsi JpopAsia Music Awards.
Pada Maret 2019, Agnez Mo kembali membanggakan Indonesia dengan mendapatkan penghargaan pada iHeartRadio Music Awards 2019. Ia memenangkan kategori Social Star Award. Saingannya dalam penghargaan ini adalah musisi ternama, seperti Tana Mongeau, Danielle Bregoli, Queen Naija, Lele Pons, Trixie Mattel, Loren Gray, Mason Ramsey, Dylan Minnette, dan Joji.

2. Anggun C Sasmi
Wanita kelahiran Indonesia yang saat ini berkewarganegaraan Prancis ini sudah lama terkenal karena prestasinya dalam kancah Internasional. Salah satu sebabnya, Anggun pergi ke Eropa untuk membuka jalan bagi karir musiknya pada tahun 90-an. Album pertamanya di Prancis adalah Au nom de la lune (Snow on the Sahara). Melalui album ini, namanya dikenal di 33 Negara di dunia.
Beberapa prestasi internasional yang ditorehkan Anggun, di antaranya adalah menjadi penenang World Music Awards 2014 untuk kategori World’s Best Selling Indonesian Artist. Pada tahun 2017, ia juga pernah meraih penghargaan dari Daf BAMA Music Awards 2017. Kategori yang ia menangkan adalah Best International Asian Act dan Best Female Act.
Sampai sekarang, Anggun nggak hanya meraih popularitas di Indonesia. Melainkan di dunia, utamanya di Prancis. Ia pernah mendapatkan sertifikasi emas dan platinum karena penjualan album tertinggi di luar Asia. Selain bernyanyi, ia juga dipercaya menjadi juri acara internasional pencarian bakat, seperti X-Factor Indonesia, The Voice Indonesia, dan Asia’s Got Talent.

3. Rich Brian
Nggak cuma generasi milenial ke atas yang bisa go Internasional. Berkat hadirnya internet dan media sosial, siapa pun bisa dikenal. Gen z seperti Rich Brian adalah salah satu contoh musisi Indonesia yang berprestasi di dunia. Awalnya, Brian mengupload videonya menyanyikan lagu yang ia tulis sendiri berjudul Dat Stick dengan nama panggung Rich Chigga. Video dengan budget minim ini berhasil meraih perhatian dunia. Bahkan, tas pinggang yang sudah nggak zaman pun kembali naik daun berkat popularitas Rich Brian.
Setelah dikontrak oleh agensi dari Amerika Serikat 88Rising, nama Rich Chigga diganti menjadi Rich Brian. Ia pun semakin dikenal, baik di dalam maupun luar negeri. Bahkan, Rich brian dan keluarganya pernah diundang ke istana negara, lho!

4. Niki Zefanya
Berada di bawah naungan agensi yang sama dengan Rich Brian, NIKI memiliki cerita berbeda di balik ketenarannya di dunia internasional. Dari awal, dara kelahiran tahun 1999 ini memang ingin berkarir di Amerika. Ia adalah musisi beraliran R&B dan Indie Folk. NIKI bekerja untuk 88Rising sejak tahun 2017.
Tak heran, NIKI lebih dulu dikenal secara Internasional. Salah satu lagunya yang populer, yaitu Lowkey sudah ditonton lebih dari 9 juta orang di YouTube.

5. Rossa
Menjelang akhir tahun 2019, Rossa, penyanyi asal Indonesia ini dikontrak oleh label SM Entertainment. SM Entertaiment merupakan label asal Korea Selatan yang terkenal mengorbitkan Idol KPop kelas dunia, seperti Super Junior, SHINee, dan Girl’s Generation. Sebagai representative dari SM Entertainment, Rossa kerap menyanyikan lagu Korea dalam beberapa kesempatan.

Masih banyak lagi musisi Indonesia yang mendapatkan prestasi Internasional. Kita patut bangga nih dengan pencapaian mereka. Kalau untuk kamu, yang mana sih musisi Indonesia favoritmu?