Passionstory Herobanner thrfting
Passion story

3 Hidden gem wisata lokal Indonesia!

27 November 2020

Oleh FWD Insurance


Popularitas thrifting atau berbelanja pakaian bekas kian bertambah beberapa tahun terakhir ini. Meningkatnya kesadaran tentang sustainable fashion dan tren pakaian 90-an hingga 2000-an membuat thrifting semakin digemari. Mengenakan pakaian bekas bukanlah sesuatu yang memalukan, karena thrifting sendiri justru memberikan banyak manfaat!


1.Ramah lingkungan
Data Kementerian Lingkungan Hidup (2018) menunjukkan, timbunan sampah di Indonesia mencapai 65,79 ton, termasuk di dalamnya sampah tekstil dari pakaian hingga sisa produksi. The Sustainable Fashion Forum memperkirakan, pada tahun 2030, konsumsi pakaian dunia meningkat hingga 63 persen, dari 62 juta menjadi 102 juta ton.


2.Mengurangi konsumsi fast fashion  
Seperti halnya daur ulang, membeli pakaian bekas berarti mengurangi jumlah sampah yang telah memenuhi bumi ini. Dengan thrifting, kamu turut berpartisipasi dalam mengurangi proses produksi fast fashion yang menghasilkan banyak limbah tekstil.


3.Bergaya tanpa menguras kantong
Harga pakaian bekas yang jauh lebih murah dibandingkan pakaian baru membuat thrifting menjadi alternatif berbelanja yang ekonomis. Bahkan banyak pakaian bekas yang memiliki kualitas lebih tinggi dibandingkan pakaian baru. Sebelum membeli, cek dulu kualitas bahan dan pastikan tidak ada lubang atau noda yang tidak bisa diperbaiki.


4.Mudah diakses
Pada awalnya, thrifting memang hanya dapat dilakukan di toko atau pasar tertentu yang menjual baju bekas. Sekarang, kamu juga bisa thrifting melalui media sosial atau toko-toko online yang pastinya makin menghemat waktu dan energi. Tidak hanya itu, rasa puas mendapatkan barang impian dengan harga murah enggak ada tandingannya!

 
5.Ekspresi gaya yang unik
Saat thrifting, kamu bisa mendapatkan pakaian-pakaian one of a kind yang enggak bakal kamu temui di toko-toko biasa. Kamu bisa tampil unik tanpa ada yang menyamai. Selain itu, siklus tren fashion yang terus berputar memungkinkan kamu untuk menemukan fashion item yang sedang kembali tren.

 

Harga yang terjangkau, barang-barang yang unik, serta ramah lingkungan membuat thrifting semakin seru untuk dieksplor.

 

 

 


Sumber:

https://www.mongabay.co.id/2020/05/18/kurangi-sampah-pakaian-komunitas-di-mojokerto-jual-baju-bekas-berkualitas/#
https://republika.co.id/berita/q7hlqx314/ancaman-limbah-dari-bisnis-busana-fast-fashion-1