Passionstory Herobanner bukuseru
Passion story

Buku-buku seru di balik film terkenal!

1 Maret 2021

Oleh FWD Insurance


Film-film yang diadaptasi dari buku fiksi maupun nonfiksi memang bukan hal yang baru. Terdapat sejumlah film yang sukses mengadaptasi kisah dari buku ke layar lebar. Beberapa di antaranya bahkan menjadi jauh lebih terkenal dibandingkan karya asalnya. Tidak heran, banyak orang yang tidak tahu bahwa film-film ini adalah adaptasi dari buku. Simak artikel ini untuk mengetahui buku-buku seru di balik film-film tersebut!


1. Arrival
Film fiksi ilmiah dari sutradara  Denis Villeneuve ini merupakan adaptasi dari novella karya Ted Chiang, Story of Your Life. Arrival mengangkat kisah seorang ahli bahasa bernama Louise Banks (diperankan Amy Adams) yang berupaya menemukan cara untuk berkomunikasi dengan makhluk luar angkasa yang telah mendarat di bumi. Dengan biaya produksi sebesar US$47 juta, Arrival berhasil mewujudkan visi sang penulis dengan visual yang memukau dan penceritaan yang digarap dengan matang. Film ini berhasil menerima 8 nominasi Academy Awards, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Sinematografi Terbaik, Naskah Adaptasi Terbaik, dan memenangkan kategori Editing Suara Terbaik.


2. Jaws
Kisah hiu raksasa yang meneror sebuah kota dipinggir pantai di pinggir pantai ini memang iconic. Film klasik yang disutradarai Steven Spielberg ini sempat menjadi film terlaris di dunia dan masih memiliki banyak penggemar hingga saat ini. Namun, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Peter Benchley yang dirilis satu tahun sebelumnya pada 1974. Meskipun novelnya cukup sukses pada masa itu, pencapaian film adaptasinya telah jauh melebihi ekspektasi.


3. The Ring
Penggemar film horor pasti familiar dengan adegan hantu Sadako merayap keluar dari televisi dalam film The Ring karya Hideo Nakata maupun versi Hollywood karya Gore Verbinski. Adegan tersebut tidak akan terwujud tanpa karya aslinya, sebuah novel karya Koji Suzuki. Meskipun begitu, novel dan film The Ring memiliki sejumlah perbedaan yang cukup signifikan. Dengan tokoh utama seorang detektif yang berusaha mencari asal usul sebuah virus menular, novelnya cenderung bergenre thriller alih-alih horor seperti di film.


 

 


Sumber:

https://www.imdb.com/title/tt2543164/
https://www.goodreads.com/book/show/126232.Jaws
https://www.goodreads.com/book/show/38379.Ring